Langsung ke konten utama

Kelahiran Kaisar Spartan dan Legenda Lini Belakang Manchester United "Gary Alexander Neville"

Kelahiran Kaisar Spartan dan Legenda Lini Belakang Manchester United "Gary Alexander Neville"


Siapa yang tak kanal dengan seorang Gary Neville, pria kelahiran Bury, Greater Manchester, Inggris ini adalah salah satu pemain Manchester United yang lahir di kota tersebut juga. Gary Neville mengawali karier muda nya di akademi tim Manchester United, dan ia merupakan generasi emas dari salah satu alumnus MU "1992". Sebagai seorang bek atau defender di lini belakang, pemain ini tak bisa di anggap sebelah mata, buktinya ia pernah di panggil untuk timnas senior Inggris dengan mengecap 85 Caps Bersama The Three Lions. Bukti tersebut merupakan hal yang luar biasa bagi pria kelahiran 42 tahun silam tersebut, walaupun belum pernah merasakan sama sekali gelar internasional nya (Piala Eropa maupun Piala Dunia), bek kanan milik timnas Inggris ini tentunya sangat berjasa untuk The Three Lions, selama 12 tahun membela negaranya tersebut. Gary muda merupakan pesepak bola yang di orbitkan oleh Opa Ferguson alias "Sir Alex Ferguson", bersama dengan Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Nicky Butt, yang menjadi bagian era emas bersama Gary di Manchester United. 

Gary Neville sejatinya adalah bek tangguh yang ideal di masa emas nya, pria ini sudah memberikan sumbangsih besarnya untuk membantu setan merah menjuarai Liga Primer Inggris Sebanyak 8 Kali, FA Cup sebanyak 3 Kali, Piala Liga 2 Kali, Community Shield 3 Kali, FIFA Club World Cup 1 Kali, Piala Intercontinental 1 Kali, dan Liga Champions sebanyak 3 Kali. Sungguh Luar Biasa bagi pria yang sekarang tepat berusia 42 tahun ini, total ia telah mengoleksi 20 Kali mengantarkan setan merah merajai Inggris, Eropa, dan dunia, karier Neville bisa di bilang sebagai satu pemain yang bermain untuk satu klub, atau "One Man, One Club", tanpa alasan tersebut ia mampu menorehkan 602 penampilan bersama Manchester United dengan 7 gol nya. Luar biasa, itulah kata-kata yang mungkin akan selalu di kenang oleh para supporter Manchester United, pemain yang terus tampil konsisten dalam kurun waktu (1992-2011) atau telah bermain selama 19 tahun tersebut akhirnya memutuskan pensiun pada tanggal 2 Februari 2011 silam. Publik United tentu akan merindukan bek kanan yang terus tampil konsisten, dan akan selalu merindukan produk akademi Manchester United, dimana menginginkan generasi emas "92" terulang kembali.

Gary Neville yang di kenal sebagai bek spartan, bek tangguh, kapten berwibawa, akhirnya sekarang hanya mampu melihat United silih berganti mencari penggantinya, mulai dari Ashley Young, Luke Shaw, Marcos Rojo, Daley Blind, hingga yang terbaru Matteo Darmian dan Antonio Valencia, mengisi pos ruang kosong bek kanan yang ia tinggalkan. Silih berganti manajer, namun sampai saat ini belum ada yang mengorbitkan bek kanan asli didikan dari akademi United yang setara atau mampu menggantikan peran Gary Neville. Pasca selesai merumput di lapangan hijau, Neville sempat melatih klub La Liga Spanyol, yaitu Valencia, namun karier kepelatihan nya belum cemerlang seperti ketika kala ia masih aktif bermain di lapangan, dari penunjukkannya di Valencia, ia memulai karier kepelatihan nya dari 2 Desember 2015 hingga 30 Maret 2016, belum sampai satu musim ia menangani Valencia, ia harus merasakan pemecatan yang begitu singkat. Hanya mampu menorehkan 10 kali kemenangan, 7 kali imbang dan 11 kali menelan kekalahan dari 28 kali memimpin kelalawar Mestalla. 



2018, Pria ini sekarang tepat berusia 42 tahun, artinya banyak yang menunggu karir selanjutnya dari Neville, menunggu apakah ia akan mengikuti jejak beberapa rekan-rekannya yang lain seperti Ryan Giggs, atau Bobby Charlton, bahkan seperti Mark Hughes yang merupakan mantan pemain United menjadi salah satu manajer di Liga Inggris. Kabar terakhir dari sang legenda United tersebut telah membeli salah satu klub Liga Inggris yang bermain di Divisi National League North "Salford City" bersama sang saudara nya Phil Neville, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Nicky Butt, yang di mana semuanya merupakan alumnus United, dan bersama pengusaha asal Singapore Peter Lim. Mari kita tunggu tuah dari pria kelahiran Manchester ini untuk kembali lagi di dunia sepak bola.

Komentar